Chemcons

Kami adalah konsultan untuk:

KESELAMATAN KERJA

KESEHATAN KERJA / HEALTH RISKS ASESSMENT (HRA),

menentukan kaitan antara ancaman bahaya di tempat kerja dan risiko yang terjadi pada pekerja baik dalam bentuk cedera maupun penyakit. Kami bisa mengidentifikasi adanya bahaya fisika, kimia, biologi, ergonomi dan psikososial. Kami bisa melakukan pengukuran besarnya bahaya dan menetapkan prioritas, mana yang akan dipecahkan terlebih dulu. Kami bisa mengusulkan solusi apa yang diperlukan sesuai kaidah Industrial Hygiene (Eliminasi, Enginering control, Control Administrasi dan atau pemakaian alat pelindung diri).

TRAINING

memberikan pelatihan untuk para pekerja umum maupun pekerja bidang kesehatan kerja. Kami membantu perusahaan dalam melakukan analisis bahaya, ergonomi, teknik tidur untuk pekerja shift, penggunaan alat pelindung diri, food hygiene untuk pekerja kantin dalam mencegah keracunan makanan. Kami membantu para petugas kesehatan yang akan melakukan pemeriksaan kesehatan, seperti pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan buta warna, pemeriksaan audiometry, pemeriksaan spirometry serta melakukan validitas untuk semua pemeriksaan itu. Kami bisa membantu petugas kesehatan dalam membuat laporan pemeriksaan kesehatan sehingga bisa dipakai sebagai management tool, alat manajemen untuk pengambilan keputusan.

WORK RELATED

membantu perusahaan dalam menetapkan keterkaitan antara kondisi kesehatan dengan pekerjaan. Misal karyawan banyak yang gemuk. Solusinya bukan diet, karena, bukan dengan olahraga, selain sukar diatur juga memerlukan biaya, melainkan dengan satu SK Direktur yang akan memindahkan tempat parkir motor dan mobil kelokasi yang lebih jauh. Selain itu lift dibuat berhenti tidak di setiap lantai, lift berhenti selang satu lantai, sehingga karyawan harus naik tangga. Ketika terjadi banyak insiden pada pekerjaan mengemudikan truk, solusinya mengatur ulang jadwal kerja, memberikan waktu untuk nap atau tidur singkat pada jam-jam banyak terjadi kecelakaan.

PROMOKES

menciptakan peer educator, yaitu karyawan yang dilatih untuk memberikan penyuluhan kesehatan buat rekan kerjanya di tempat kerja. Pelatih sebaya ini ternyata jauh lebih efektif ketimbang pengajar dari luar kelompok mereka. Mereka akan dilatih menangani TBC, HIV, Narkoba, senam kaizen, gizi seimbang, stress management dll

ISO 17025

KONSULTAN ISO 17025

  • Pemahaman Sistem Manajemen Mutu dan Langkah Implementasinya, melalui Pelatihan – Pelatihan dan Bimbingan secara LangsungMenyempurnakan Sistem
  • Manajemen Mutu yang meliputi : Penyusunan Panduan Mutu, Prosedur, Instruksi Kerja, Form – Form, serta dokumen penunjang lainnya sesuai dengan standar ISO/IEC 17025 : 200
  • Membantu perusahaan selama masa persiapan dan proses akreditasi oleh KAN, dalam hal mempersiapkan dokumen – dokuemn yang dibutuhkan untuk proses akreditasi

AMDAL

KONSULTAN LINGKUNGAN

  • Penyusunan dokumen AMDAL, Upaya Pengelolaan Lingkungan – Upaya Pemantaua n Lingkungan (UKL-UPL), Surat Pernyataan Pengelolaan Lingkungan (SPPL)
  • Kajian Rona Lingkungan Awal / Environment Baseline Assesment (EBA)
  • Laporan Pelaksanaan Pemantauan Lingkungan Hidup
  • Konsultasi dan Pengurusan Dokumen Lingkungan Lainnya sesuai peraturan perundangan yang berlaku.

Industrial Hygiene

INDUSTRIAL HYGIENE

  • WORKING AREA ASESESMENT (WAS) Kajian yang bersi8fat Preventif dan rehabilitatif serta dilaksanakan secara komprehensif terhadap Peningkatan Program Kesehatan Kerja bagi Karyawan yang dilaksanakan oleh Industri guna meningkatkan Kondisi kerja yang lebih Produktif. Kami siap membantu menentukan sumber bahaya di lokasi kerja (HIRA) dalam bentuk Identification Hazard Mapping (IHM) serta memberikan solusi alternatif dari penyelesaian masalah tersebut dalam bentuk sistem dan implementasin program IH di Perusahaan.
  • WORKPLACE AIR QUALITY MONITORING melakukan identifikasi sumber paparan bahan Kimia, Fisika, Mikrobiologi yang bersumber dari kegiatan di lokasi kerja. Dengan tujuan memahami kualitas udara lingkungan kerja baik kualitatif maupun kuantitatif, untuk dijadikan bahan melakukan perbaikan sistem.
  • PARAMETER INDUSTRIAL HYGIENE
    • Udara Lingkungan Kerja (Organik dan Anorganik)
    • Paparan Kimia Personal (Organik dan Anorganik)
    • Debu Lingkungan Kerja dan Personal (Inhalable dan Respirable)
    • Mikrobiologi udara Lingkungan Kerja (Bakteri, Jamur, Kapang, Legionella, dll)
    • Paparan Fisika (Heatstress, Vibration Hand Arm & Whole Body, Noise Dose, Lux, Radiaton, Ergonomic)